Tren Teknologi untuk Disimak pada Tahun 2020 – Saat kita memasuki dekade baru, teknologi akan terus meningkat. Kita mungkin akan melihat perkembangan besar-besaran dalam perjalanan ruang angkasa, komputasi kuantum, dan peningkatan yang signifikan dalam proliferasi perangkat lunak ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Namun di era modern, sepertinya segala sesuatu di sekitar kita terus berubah dan menjadi lebih baik; jadi sulit untuk mengetahui tren mana yang harus ditonton. Perhatikan tren teknologi yang cenderung membawa pertumbuhan inovasi yang signifikan tahun depan dan dalam dekade mendatang.

Tren Teknologi untuk Disimak pada Tahun 2020

Otomatisasi

Otomasi adalah istilah teknologi besar yang seringkali tidak jelas apa arti sebenarnya. Ini pada akhirnya berarti teknologi seperti komputasi awan, robotika yang diperbarui, data besar. Bagi sebagian besar perusahaan perangkat lunak di luar sana sekarang, otomatisasi adalah pendorong teknologi utama bisnis mereka.

Baca Juga: Siapa Penemu Komputer Pertama Kali?

Mengotomatisasi perbankan , manufaktur otomatis, dan otomatisasi pada akhirnya mengurangi upaya manusia sambil memaksimalkan potensi keuntungan. Ketika kita melihat masa depan otomatisasi, kita bertemu dengan kemungkinan yang tak terbatas.

Para ahli percaya bahwa memanfaatkan semua teknologi yang sangat canggih yang datang bersama dengan otomatisasi akan membuat hidup kita lebih baik, lebih mudah, dan akan terus diimplementasikan pada kecepatan yang lebih besar daripada saat ini.

Teknologi Jaringan 5G

Teknologi 5G menjadi pembicaraan CES tahun ini, dan itu akan menjadi faktor pendorong dalam pertumbuhan teknologi nirkabel. 5G akan melihat jumlah implementasi terbesarnya pada tahun 2020 ketika produsen mengeluarkan lebih banyak ponsel 5G dan perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia menjaga penyebaran teknologi 5G mereka pada kecepatan untuk memenuhi tujuan.

Menerapkan 5G di seluruh dunia akan membawa kecepatan broadband yang lebih tinggi bersama dengan jaringan nirkabel dan seluler yang lebih andal. Ini pada akhirnya akan memungkinkan tingkat otomatisasi dan proliferasi teknologi yang lebih besar ke kota-kota dan daerah-daerah terpencil.

Kecepatan transfer data 5G yang tinggi akan memudahkan implementasi mobil tanpa pengemudi karena mereka bisa mendapatkan data waktu nyata tentang seluruh kota. Jaringan 5G tidak hanya berarti ponsel Anda akan menjadi lebih cepat, dan itu berarti semuanya  akan menjadi lebih cepat.

Seiring dengan 5G, ada pengembangan dan implementasi WiFi 6. Sementara teknologi yang berbeda, mereka berdua secara drastis meningkatkan protokol komunikasi nirkabel.  WiFi 6 akan mampu meningkatkan kecepatan pengunduhan data sebesar 3X dari WiFi saat ini 5. Protokol jaringan baru juga akan memungkinkan lebih banyak perangkat yang terhubung ke jaringan tertentu dan memberikan jangkauan data yang meningkat.

Karena volume data yang dikonsumsi melalui WiFi meningkat, protokol jaringan yang lebih efisien ini akan lebih mendukung beban. Saat kami menantikan tahun 2020 dan dekade mendatang, mengharapkan teknologi nirkabel untuk mempercepat potensinya. Apakah akan ada kebutuhan untuk kabel lagi?

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

AI berperan dalam tren otomatisasi yang lebih besar, tetapi kemajuannya sudah cukup untuk menjamin pembahasannya sendiri. Teknologi ini telah mencapai puncak daftar tren teknologi selama bertahun-tahun sekarang dan kemungkinan akan terus mengambil salah satu tempat teratas dalam dekade mendatang.

Komputer dapat belajar tentang dunia dengan cara yang persis sama dengan yang dapat dilakukan manusia, yang berarti bahwa melalui AI, seiring dengan peningkatan daya komputasi, komputer akan dapat mulai melakukan tugas manusia yang lebih kompleks dengan kecepatan kilat.

Baca Juga: Film Bertema Mental Illness Yang Tak Kalah Keren Dari Joker

Proyek penelitian modern di bidang AI memungkinkan teknologi ini juga memanfaatkan pengenalan wajah, berbicara melalui teknologi suara, dan memahami melalui pesan dan pelaporan. Dalam dekade berikutnya, kita mungkin akan mulai melihat AI yang tidak memerlukan intervensi manusia untuk belajar dan tumbuh lebih pintar … sebuah proposisi yang sedikit menakutkan!